Daftar Tunggu Batik Sampai Tiga Tahun

31 Desember 2012, Comments: 0

Trusmi.- Menjelang hari besar atau nuansa libur panjang natal dan tahun baru, hampir semua perajin dan industri batik Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon kebanjiran pesanan. Namun, kondisi tersebut justru dialami Katura (60) hampir setiap saat. Layaknya menunggu giliran naik haji, daftar tunggu pesanan batik Katura saat ini sudah mencapai tiga tahun.

Jika diasumsikan satu batik selesai dalam tiga bulan dan jumlah karyawan 30 orang, kapasitas produksi batik Katura saat ini mencapai 120 lembar per tahun. Artinya pesanan yang mengantre sudah mencapai 360 lembar. Jumlah yang cukup banyak mengingat harga batik Katura berkisar antara Rp 3-12 juta per lembarnya.

Katura mengatakan, hampir 85 persen dari antrean tersebut adalah pesanan dari Jepang. Sementara 15 persen sisanya pesanan konsumen lokal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Ya, karya Katura hingga saat ini masih menjadi incaran penggemar batik asal negeri Sakura.

Meski antrean sudah sangat panjang, Katura tetap enggan menambah produksi dengan penggunaan mesin cetak. Ia tetap bertahan dengan batik tulis.

“Selain ingin melestarikan batik tulis, saya memang tidak mampu membeli cetakan yang satu motif saja bisa sampai Rp 300.000. Sementara canting kan hanya Rp 1.000 per buah,” ujar anak ke-9 dari 10 bersaudara dari pasangan Ranima dan Kasmin itu.

Di sisi lain Katura juga berharap generasi muda Trusmi tetap mempertahankan tradisi batik tulis. Ia pun membuka pintu selebar-lebarnya bagi mereka yang ingin belajar membatik di sanggarnya. Jika pusat batik Trusmi lain menjadikan tempat mereka sebagai wisata belanja, Katura memasang jargon besar di depan sanggar batik miliknya .

 

batik sarimbit,batik indonesia,batik tradisionalbatik modern,batik sablonbatik capbatik tulisbatik cetak ,batik printingbatik trusmibatik cirebonbatik indonesiabatik solobatik pekalonganbatik trusmibatik cirebonbatik cirebonanbatik pesisirbatik pesisiranbatik fraktal,batik jogja,batik meteran,
hem batik,diskon batikbandar batiktoko batiksentra batikbelajar batik, jual batikbeli batikharga batik,kain batik,kain panjangjuragan batik,forum batik,
pasar batik,tas batik,sandal batik,topi batik,daster batik,kaos batik,hem batik,
blus batik,dress batik,gamis batik,sarimbit,sarimbit batik,

 

Sumber : ebatiktrusmi

Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *