Tips Merawat Batik Kesayangan Anda

28 Desember 2012, Comments: 0

Anda punya koleksi batik? Ya, batik memang semakin banyak menghiasi tren fashion kita. Memiliki dan memakainya juga membuat kita menjadi bagian dari upaya pelestarian warisan budaya bangsa. Namun, hati-hati, jika tak bisa merawatnya, maka koleksi batik Anda bisa-bisa tak bertahan lama alias rusak atau pudar warnanya. Nah, berikut adalah tips merawat batik agar tetap apik dan awet:

1. Pisahkan pakaian batik Anda dengan pakaian lain saat akan mencucinya. Jangan mencuci batik dengan detergen ataupun sabun colek, gunakan sabun lerak khusus batik agar warnanya tidak pudar. Sabun lerak adalah sabun khusus untuk mencuci batik yang terbuat dari melati.

2. Jangan mencuci kain batik dengan menggunakan mesin cuci dan sikat. Terutama bagi batik yang terbuat dari sutera dan tenunan tangan. Cukup cuci kain batik dengan cara menguceknya menggunakan tangan, dan kucek dengan lembut.

3. Setelah dicuci, saat proses pengeringan kain batik jangan diperas. Anda lebih baik mengurut kain dari atas ke bawah agar air lepas dari batik Anda.

4. Jangan menjemur batik langsung dibawah sinar matahari. Anda cukup menggantungkanya dengan hanger dan dijemur di ruang terbuka yang beratap, atau istilahnya ‘diangin-anginkan’.

5. Bila menyetrika kain batik, atur suhu setrika agar jangan sampai terlalu panas. Cukup dengan kondisi hangat, lalu Anda bisa menyetrika batik Anda.

6. Simpan kain batik di lemari dengan ratus wangi untuk menghindari ngengat. Atau, bisa juga dengan merica dan akar wangi yang dibuntel dengan kain.

-Henny tnol

uLuL

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *