Inilah Alasan Mengapa Tanggal 2 Oktober Jadi hari Batik Dunia

20 Januari 2013, Comments: 0

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang sangat bernilai. Sudah sejak lama Indonesia menciptakan batik dengan beragam motif dan rupa. Akan keindahannya inilah batik sempat menjadi polemik dimana ada negara tetangga yang mencoba mengklaim batik.

Akan tetapi, UNESCO selaku badan PBB yang mengurusi masalah peninggalan Budaya menetapkan batik jadi milik Indonesia. Penetapan tersebut di umumkan pada tanggal 2 Oktober 2009. Untuk mengenang hari bersejarah tersebut, kini setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai hari batik nasional.

Ternyata, apresiasi dunia terhadap batik cukup besar. UNESCO juga menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik Internasional. UNESCO juga menulis dalam situs resminya, batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.

Sungguh hal ini sangat membanggakan dimana budaya leluhur bangsa Indonesia telah mendaptkan pengakuan dari dunia. Trend batik juga belakangan ini mulai merambah dunia fashion Internasional. Pastilah sangat bangga bila kita bisa ikut membantu melesteraikan batik dengan terus menggunakannya.

 

Sumber: Batiktrusmi.me

Rizky

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *