Dekranasda Kenalkan Desain Batik Khas Depok Batik Cirebon

14 Mei 2013, Comments: 0

batik cirebon batik indonesia murahBatik Cirebon-Dekranasda Kenalkan Desain Batik Khas Depok Batik Cirebon.Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Depok mendukung usaha pengembangan batik Depok. Ini karena batik merupakan  salah satu bentuk kebudayaan dan hasil karya seni merupakan budaya yang diwariskan nenek moyang bangsa Indonesia, sehingga kemudian menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Batik Cirebon Seperti bentuk kerajinan lainnya, maka kerajinan batik yang tentunya dapat menciptakan lapangan kerja dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Atas prakarsa Ibu Dra.Hj.Nur Azizah Tamhid sebagai Ketua Dekranasda Kota Depok, maka pada tahun 2007 diadakan “Lomba Desain Batik Khas Depok” yang diikuti oleh 223 peserta dan menghasilkan 345 ragam motif batik Batik Cirebon.

Kemudian dipilih 10 motif batik dari 10 orang peserta lomba, lalu disaring lagi hingga didapati 3 model terbaik. Ke 10 motif batik sudah memiliki HAK PATEN pada tanggal 24 Januari 2008. Sampai dengan tahun 2012, telah diproduksi kurang lebih 10.000 meter batik Depok.

Diharapkan pada waktu mendatang ke 10 motif batik tersebut dapat lebih dikenal dan dipakai oleh masyarakat luas pada umumnya dan masyarakat Kota Depok pada khususnya. Saat ini tahun 2013 Dekranasda mengeluarkan batik One Day No Rice yang resmi dilauncing pada tanggal 2 Mei 2013 yang lalu Batik Cirebon.

Kebudayaan bangsa merupakan keseluruhan hasil akal bangsa Indonesia, yang merupakan buah dari dinamika antara pewaris dan penciptaan baru, baik tumbuh karena kebutuhan internal maupun karena dorongan interaksi antar bangsa.

Kerajinan adalah produk yang dikerjakan oleh sebagian atau keseluruhannya dengan menggunakan tangan, termasuk segi kebudayaannya yang merupakan usaha yang dapat dikembangkan sebagai industri kerajinan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat juga memelihara, melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) sebagai mitra kerja kerajinan dalam masyarakat yang memiliki persamaan dan kehendak untuk mengembangkan seni produktivitas dan pemasaran kerajinan daerah sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Batik Cirebon Salah satu fungsi daripada Dekranasda adalah wadah bagi pembinaan produk kerajinan sebagai warisan budaya bangsa dengan nilai cita rasa dan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada di tanah air serta kerajinan sebagai usaha dan sumber pendapatan bagi masyarakat Batik Cirebon.

Sedangkan salah satu tujuan Dekranasda adalah menggali, mengembangkandan melestarikan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkokoh jati diri budaya bangsa.

Secara khusus di dalam desain batik tersebut sudah dimasukan symbol, ciri khas yang mengandung muatan Batik Cirebon baik nasional maupun lokal (Kota Depok). Adapun arti dan makna yang terkandung adalah :

A. Dari segi warna dasar batik : warna kuning keemasan, merah marun, orange, biru, biru tua, dimana semua warna dasar tersebut melambangkan suatu kewibawaan, keteduhan, ketenangan, dan keberanian.

B. Dari segi motif dan symbol :

1. Paricara Dharma, semboyan Kota Depok yang menjadi amanah semua komponen masyarakat Depok, yang mengutamakan pengabdian yang baik, benar dan adil.

2. Simbol sayap, berarti mengayomi, mengangkat tinggi harkat, martabat dan derajat masyarakat Depok pada umumnya.

3. Simbol buah belimbing dan ikan Memphis melambangkan keunggulan Kota Depok.

4. Simbol mega mendung, memberi arti tingginya cita-cita dan semangat yang sejuk.

5. Jembatan panus, Margonda, Gedung Tua dan Gong Sibolong serta Topeng Cisalak menunjukan bahwa masyarakat Depok tak akan pernah meninggalkan dan akan selalu menghormati sejarah dan budaya para pendahulunya Batik Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *