Batik Khas Sukabumi Merilis 3 Corak Baru Batik Cirebon

5 Juni 2013, Comments: 0

batik cirebon batik indonesia murahBatik Cirebon-Batik Khas Sukabumi Merilis 3 Corak Baru Batik Cirebon.Batik masih menarik perhatian anggota Komisi VIII DPR, Inggrid Kansil. Apalagi batik khas dari Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk itu, belum lama ini di Sukabumi Inggrid meluncurkan tiga corak baru batik khas Sukabumi untuk menambahkan koleksi yang idenya didapat dan dihasilkan dari para pengrajin batik di daerah tersebut.

“Corak baru tersebut, yaitu corak kebun teh, Pantai Ujung Genteng, dan arum jeram yang terinsfirasi dari lokasi-lokasi wisata di Kota dan Kabupaten Sukabumi,” kata Inggrid di Sukbaumi belum lama ini.

Batik Cirebon Menurut Inggrid, corak baru ini akan menambah semarak dunia perbatikan di Sukabumi, karena corak baru ini juga tidak kalah rumit dengan corak yang lama. Selain itu, corak baru batik khas Sukabumi ini sudah dipromosikan hingga ke mancanegara.

Bahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk membuat surat keputusan baik Wali Kota maupun Bupati Sukabumi untuk membiasakan atau mewajibkan para PNS-nya untuk menggunakan batik khas Sukabumi di waktu yang telah ditentukan.

Batik Cirebon “Kami juga terus mendorong, agar batik ini menjadi ikon yang tujuan akhirnya bisa meningkatkan perekonomian warga, karena kerajinan batik ini dikelola oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), selain bisa mendapatkan keuntungan juga bisa membuka lapangan kerja baru,” tutur Inggrid.

Dikatakan Inggrid, karena kecintaan dirinya pada batik khas Sukabumi, ia pun mempromosikannya hingga ke beberapa negara di dunia seperti Belanda, Eropa dan beberapa negara di Asia. Bahkan, jika ada even promosi produk UKM baik tingkat nasional maupun batik khas Sukabumi selalu ikut dalam ajang tersebut.

Lebih lanjut, pihaknya juga memberikan pelatihan gratis untuk warga Sukabumi yang ingin belajar membatik dengan cara bisa langsung datang ke Rumah Aspirasi yang dikembangkan oleh Inggrid.

“Kami ingin, agar batik Sukabumi ini menjadi ikon daerah dan kebanggaan masyarakat, karena kami pun akan mempatenkan corak-corak batik khas Sukabumi,” ucap Inggrid.

Sementara, Ketua PKK Kabupaten Sukabumi, Fatimah Sukmawijaya mengatakan kerajinan batik ini bisa membantu wanita khususnya para istri untuk menambah penghasilan keluarga. Selain itu, pihaknya juga selalu memberikan bantuan dan mempromosikan produk-produk UKM dari hasil kerajinan tangan para pengrajin Sukabumi.

“Corak batik khas Sukabumi seluruhnya diambil dari ikon daerah di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Untuk mempromosikan, kami akan membiasakan diri menggunakan batik ini di berbagai acara kenegaraan atau kunjungan,” urai Fatimah yang juga istri dari Bupati Sukabumi, Sukmawijaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *