Pemkot Resmi Luncurkan Motif Batik Bekasi Batik Cirebon

7 Juni 2013, Comments: 0

batik-cirebon-batik-terpanjang-di-indonesia Batik Cirebon-Pemkot Resmi Luncurkan Motif Batik Bekasi Batik Cirebon.Walikota Bekasi Dr. Rahmat Effendi meresmikan peluncuran batik bercorak khas Bekasi, di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bekasi, Selasa (4/6), dengan harapan batik buatan masyarakat asli kota Bekasi ini dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah dan juga bagi pegawai negeri sipil (PNS). Hadir dalam acara tersebut, pejabat eselon II, III, kepala sekolah, tokoh masyarakat, Batik Cirebon para pengusaha batik Kota Bekasi, serta undangan lainnya.  Kota Bekasi patut berbangga dengan kehadiran batik dengan motif-motif ciri khas Kota Bekasi, seperti bergambar bambu runcing, tanjidor, tari topeng, buah kecapi, ikan gabus dan motif yang mencirikan kota Bekasi.

Batik Cirebon Menurut Walikota, batik adalah ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis yang unik dan memilki nilai estetika yang tinggi. Dirinya berharap batik buatan masyarakat asli kota Bekasi dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah dan juga bagi pegawai negeri sipil. “Ini juga dapat mendorong perekonomian di kota Bekasi, membuka lapangan pekerjaaan, dan yang terlebih penting adalah dapat melestarikan budaya kota Bekasi,” katanya.  Kepala Bidang Kebudayaan Disporbudpar Kota Bekasi Neneng Junarsi mengatakan, peluncuran motif batik asli Bekasi ini adalah tindak lanjut dari Lokakarya yang  sebelumnya sudah diselenggarakan oleh Disporbudpar pada 2012 lalu. Saat ini, motif batik Bekasi masih diproduksi oleh komunitas Batik Bekasi yang di dalamnya terdiri dari pengrajin batik  yang rata-rata masih berstatus mahasiswa.

Batik Cirebon Pemerintah melalui Disporbudpar masih berupaya untuk mematenkan pakem motif batik Bekasi. Batik bukan saja digunakan oleh usia tertentu  namun sudah digunakan juga oleh anak-anak muda, karena sudah bisa dibuat sedemikan rupa sehingga masih terlihat trendi, katanya.  “Saya berharap dengan diluncurkannya motif batik Bekasi ini, banyak pengrajin yang giat Batik Cirebon lagi memproduksi batik Bekasi, dan juga banyak masyarakat kota Bekasi yang menggunakannya, sehingga pelestarian budaya lewat batik dapat terus meningkat,” katanya. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pertunjukan tarian dan vokal group siswa/i kota Bekasi, serta fashion show oleh Abang Mpok Kota Bekasi yang menggunakan batik motif Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *