302 Desain Motif Batik Karya Mahasiswa Dilombakan Batik Cirebon

6 Juli 2013, Comments: 0

mahasiswa-lomba-desain-batik-cirebon-Batik Cirebon-302 Desain Motif Batik Karya Mahasiswa Dilombakan Batik Cirebon.Sebanyak 302 desain motif batik hasil karya mahasiswa dari 128 perguruan tinggi ditampilkan dalam Lomba Desain Motif Batik untuk Mahasiswa, di Gedung D Kemdikbud, tanggal 4-13 Juli 2013. Lomba ini merupakan agenda dua tahunan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), dan dilaksanakan sejak 2011.

Direktur Belmawa, Illah Sailah, mengatakan, peserta yang mendaftar untuk ikut lomba ini sebanyak 578 orang. Jumlah ini meningkat dari penyelenggaraan lomba pertama di 2011 yang diminati oleh 341 pendaftar. Dari 578 pendaftar, sebanyak 266 mahasiswa mengirimkan karyanya. Total karya yang sampai ke panitia sebanyak 302 desain.

Lomba ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu 217 karya untuk batik desain sandang, dan 85 desain untuk interior. “Kegiatan ini bermanfaat bagi antusias kawula muda dalam mengembangkan desain batik yang inovatif,” kata Illah Batik Cirebon.

Batik Cirebon Tim juri lomba ini tidak hanya berasal dari akademisi. Tim dari Yayasan Batik Indonesia (YBI), praktisi dan pakar batik pun turut menjadi tim penilai. Illah menyebutkan, di tahap awal yaitu tanggal 4-5 Juli, dari 302 desain ini akan disaring menjadi 80 desain terbaik. Setelah itu, tanggal 15-16 Juli akan dilakukan penjurian lagi untuk memilih 20 desain terbaik. 20 desain motif terbaik tersebut terdiri atas 10 desain sandang dan 10 desain interior, untuk dipamerkan dalam Gelar Batik Nusantara, di Jakarta Convention Center, pada 17-21 Juli 2013.

Disampaikan oleh Ketua Yayasan Batik Indonesia, Sri Murniati Widodo, Gelar Batik Nusantara akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ke 20 finalis motif batik terpilih tersebut akan ikut meramaikan acara tersebut, dan disebutkan namanya oleh ketua penyelenggara dalam sambutannya.

Batik Cirebon Adapun hadiah yang disiediakan untuk para pemenang adalah sebagai berikut: Juara 1 akan mendapat dana pembinaan sebesar Rp 10 juta; Juara 2 mendapat Rp 7,5 juta; Juara 3 mendapat Rp 5 juta, dan 7 juara harapan masing-masing kategori akan mendapat Rp 2,5 juta. Disamping dana pembinaan, pemenang juga akan mendapat hadiah berupa voucher dari sponsor Batik Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *