Batik Cirebon-Akhir Pekan di Cirebon, Harus Mampir di Batik Trusmi

20 Agustus 2013, Comments: 0

batik-cirebon-Batik-trusmi-cirebon-batik-indonesia-murahBatik Cirebon-Akhir Pekan di Cirebon, Harus Mampir di Batik Trusmi.Bukan cuma Solo dan Yogyakarta, Cirebon juga punya batik yang tak kalah bagus. Traveler bisa menemukannya di Desa Trusmi ketika menghabiskan akhir pekan di Cirebon. Inilah sentra penjualan batik di Kota Udang.

Nama Desa Trusmi mungkin sudah tak asing di telinga wisatawan, khususnya para pemburu batik. Di desa ini, traveler bisa menemukan aneka jenis batik khas Cirebon. Mulai dari kemeja, daster, hingga kain batik ada di Trusmi.

Batik Cirebon Masuk ke kawasan Trusmi, traveler langsung dihadapkan dengan banyak toko batik. Anda pun bisa memilih untuk masuk ke salah satu toko yang paling diinginkan. Namun, jika punya cukup banyak waktu, pelancong bisa dengan sabar memasuki setiap toko yang ada, untuk menemukan batik terbaik.

“Trusmi ini kepanjangan dari Trus Bersemi,” kata pemandu wisata saya beberapa waktu lalu sambil mengantarkan ke salah satu toko di Desa Trusmi.

Batik Cirebon Menurutnya, batik Cirebon memiliki satu corak khas, yaitu megamendung. Megamendung adalah sebuah motif berbentuk seperti awan. Sedangkan bahan, batik Cirebon menggunakan banyak jenis bahan, mulai dari katun hingga sutera.

Tak terasa ternyata saya sudah tiba di salah satu toko. Saya dan teman-teman langsung menyebar melihat-lihat. Ternyata benar, megamendung jadi motif andalan batik Cirebon. Ini terbukti dengan ada banyak jenis pakaian menggunakan motif megamendung.

Meski begitu, bukan berarti semua kain batik yang dijual bermotif megamendung. Traveler tetap bisa menemukan kain batik dengan motif yang lain.

Kalau bicara soal harga, hampir tiap toko memiliki harga yang berbeda. Yang jelas, jenis bahan menentukan harga sebuah kain. Semakin bagus kualitas bahannya, maka semakin tinggi pula harga batik tersebut.

Batik Cirebon Untuk mencapai Trusmi tidaklah sulit. Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari pusat Kotamadya Cirebon ke arah Bandung. Begitu melihat perempatan Plered, segera belok kanan. Anda pun akan menemukan Trusmi yang ditandai banyak toko batik.

Rasanya, tak cukup hanya meluangkan waktu satu jam untuk berkeliling Desa Trusmi. Jadi, sebaiknya luangkan waktu khusus agar wisata belanja Anda terasa lebih memuaskan Batik Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *