Batik Muslim Sutra Sifon Cocok Untuk Lebaran Batik Indonesia

3 Agustus 2013, Comments: 0

batik-indonesia-batik-cirebon-pameran-batik-di-gi Batik Indonesia-Batik Muslim Sutra Sifon Cocok Untuk Lebaran Batik Indonesia.Menjelang lebaran adalah saat yang paling tepat mencari referensi pakaian. Saat ini sangat menentukan tentang apa yang cocok dan nyaman untuk kita kenakan ketika perayaan besar Idul Fitri itu tiba.

Nahh.. Jika ingin tampil casual nan modern, coba saja memilih batik jenis sutra sifon yang terkesan sedikit resmi tapi tetap trendy. Apalagi dengan momen Ramadan, pilihannya batik seperti busana muslim akan terlihat lebih religius Batik Indonesia.

“Karena kain sutra sifon itu jenis bahan yang lembut dan jatuh. Pasti pemakainya akan terasa lebih ringan dan pas dibadan. Sehingga si pemakai akan merasa nyaman,” terang Branch Manager Danar Hadi Dedy Darmawan.

Saat ditemui di acara fashion show koleksi batik Danar Hadi bertajuk ‘Indonesia Exotic Heritage’ di Butik Danar Hadi Surabaya, Sabtu (20/7/2013), Dedy mengatakan, kalau pada umumnya, batik yang kita temui dipasaran berbahan dasar kain katun. Danar Hadi menampilkan versi batik yang berbeda. “Memang jarang yang memproduksi batik dengan menggunakan kain sutra sifon. Karena batik dengan kain sutra sifon adalah ciri khas dari Butik Danar Hadi,” katanya Batik Indonesia.

Batik Indonesia Terlebih, Dedy mengklaim, produk tersebut jarang karena memang memproduksi kain ini tidak mudah. Sangat dibutuhkan tenaga ahli untuk mencanting motif-motif dalam kain sutra. Demikian, ketika ditanya soal tren batik saat ini ia menjawab, batik modern tidak hanya cocok dipakai saat sesi formal saja, melainkan juga informal dan semi formal. Untuk tren batik tahun ini ia mengaku masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Tapi karena momennya bertepatan dengan Ramadan, koleksi-koleksi baru kami lebih menonjolkan bentuk lengan panjang atau gaun. Misalnya saja seperti Kaftan, Gamis dan gaun-gaun panjang lainnya. Kalau hiasan-hiasan saya kira masih didominasi model Payet Swarossky,” imbuhnya.

Sebagai referensi, dari sejumlah 26 koleksi yang dipamerkan lewat fashion show tadi, terlihat desain motifnya sangat menonjol berupa gambar Kawung Timur Tengah, bulat-bulat dan puket bunga-bunga. Corak batik-batik2 ini dapat dikategorikan sebagai batik  tradisional. “Warna-warna dasarnya yakni warna sogan (khas batik coklat),” pungkasnya.

Terlebih lagi, Batik dengan kain Sutra Sifon memiliki varian model yang pasti modern. Didukung oleh desain karya-karya in-house asli Danar Hadi, menampilkan sisi trendy lewat warna-warna lembut yang cantik. “Batik itu kan identik dengan Indonesia. Untuk acara formal n nonformal motif bunga ataupun geometris sangat cocok,l ungkapnya.

Batik Indonesia Perlu diketahui, Butik Danar Hadi membuka gerai butiknya hampir di seluruh kota di Indonesia. Diantaranya, Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Yogya, Semarang, Solo, Balikpapan, Makasar. Sedangkan proses produksinya ada di kota Solo.

“Dari keseluruhan batik yang kita pamerkan tadi ada jenis Printing, Handmade, ataupun Stamp. Ada sekitar 26 batik, terbagi menjadi 6 sesi peragaan. Batik untuk perempuan 16 pakaian, untuk laki-laki 10 pakaian,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *