Ini Dia Cara Bedakan Batik Cirebon Tulis & Cap

31 Agustus 2013, Comments: 0

batik-cirebon-batik-trusmi-murah-katun-3-dimensi-014514-85.000-batik-trusmi-batik-cirebon-batik-indonesia-murahBatik Cirebon-Ini Dia Cara Bedakan Batik Cirebon Tulis & Cap.beberapa tahun terakhir, semakin banyak kalangan muda yang mencintai produk buatan Indonesia. Salah satunya, mengenakan Batik Cirebon di berbagai kesempatan.

Dengan perkembangan kecintaan Batik Cirebon di kalangan kaum muda yang makin signifikan, berdampak positif bagi produsen batik-batik di berbagai daerah. Permintaan Batik Cirebon tulis maupun Batik Cirebon cap sangat tinggi. Apalagi diikuti konsep mode Batik Cirebon yang berkembang lebih modern dan dapat mengikuti kebutuhan kalangan muda.

Menghadapi hal tersebut, Anda tetap harus waspada. Yaitu dengan mengetahui cara membedakan antara Batik Cirebon tulis asli dengan Batik Cirebon cap yang mengaku-aku sebagai Batik Cirebon tulis.

“Sebenarnya mudah sekali membedakannya. Sekali mata memandang pun sudah ketahuan. Kenapa? Karena batik cap itu kan mesinnya seruas demi seruas mengerjakannya, nah kita dapat melihat garis batas ‘ketemunya’ pattern cap. Kalau Batik Cirebon tulis tidak ada pinggirannya, pasti ada yang belepotan sedikit karena pengerjaannya pakai tangan. Batik tulis juga tidak memiliki garis lurus, kebanyakan melengkung. Dalam artian, batik cap itu pasti memiliki bentuk garis atau motif yang benar-benar sama, sementara batik tulis tidak akan sama,” kata Siti Maimona, pengusaha batik dari CV Pesona Batik Madura kepada okezone di acara “Cintaku Pada Batik Takkan Pernah Pudar” oleh Attack Batik Cleaner yang bertempat di Bangkalan, Madura, Minggu (3/4/2011).

Agar tidak termakan omongan pedagang, Anda selaku konsumen juga harus lebih memerhatikan detail batik yang ditaksir. Itu dilakukan agar Anda tidak merugi.

Batik Cirebon cap juga memiliki dua jenis cap. Cap halus, di mana capnya terlihat sangat mirip batik tulis. Dan cap kasar yang dilihat pun sudah kentara, tapi kita tetap dapat melihat garis pemisah capnya, kok. Asal mau lebih teliti sedikit supaya tidak tertipu, terutama saat Batik Cirebon yang Anda sangka Batik Cirebon tulis dan telah membayar mahal batik tersebut sementara sebenarnya batik tadi hanyalah batik cap,” tutup Siti. (nsa)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *