Jangan cuma terpukau batik Cirebon Jawa Barat, Batik Indonesia

2 Agustus 2013, Comments: 0

batik-cirebon-murah-batik-indonesiaBatik Indonesia.Jangan cuma terpukau dengan keindahan batik Pekalongan atau batik Cirebon. Batik khas Kota Banjar, Jawa Barat, juga tak kalah indah dan mempesona.

Dua motif batik khas Banjar, yakni daun atau bunga tarum dan kuda lumping (ebeg). Ada motif yang dicetak, ada pula yang tulis langsung oleh tangan, seperti kesibukan pada sebuah pabrik batik Banjar.

Jika biasanya para pekerja di pabrik pembuatan batik adalah orang-orang tua, hal berbeda terlihat di pabrik batik khas Banjar ini. Sebagian pekerja adalah anak-anak muda yang masih kuliah. Dimas Januari yang bekerja sebagai desainer salah satunya Batik Indonesia.

“Kami ambilnya kelas karyawan. Begitu libur, dari sini kami masuk kampus,” kata Dimas kepada Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (30/7/2013) Batik Indonesia.

Sejauh ini sudah ada sekitar 50 desain batik yang telah diproduksi pabrik itu. Harganya pun cukup berkompetisi. Dengan uang senilai Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribu, kita sudah bisa mengantongi selembar batik cantik ini.

“Yang paling mahal itu yang batik tulis, karena pengerjaannya lama, 3 hari 1 batik,” kata Yoyo, salah seorang perajin. Yoyo menuturkan, batik khas Banjar ini tak hanya diminati pasar dalam negeri. Batik ini bahkan sudah melanglang buana hingga Korea Selatan Batik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *