Sarung Batik Indonesia Motif Mega Mendung Potensi Ekspor

11 Agustus 2013, Comments: 0

batik -indonesia-Pusat-Grosir-Batik-Trusmi-showroomBatik Indonesia-Sarung Batik Indonesia Motif Mega Mendung Potensi Ekspor.Di antara produk batik asal kampung Batik Trusmi Cirebon, terdapat salah satu jenis yang memiliki potensi tinggi untuk diekspor ke berbagai negara, yakni sarung batik.

“Sejak era tahun 1970, sejumlah produsen batik di kawasan Trusmi sudah melakukan ekspor ke berbagai negara Amerika Selatan, Malaysia dan Myanmar,” ungkap Ibnu Riyanto, pengusaha batik di kawasan Kampung Batik Trusmi Cirebon  Jumat (2/8/2013).

 

Beberapa Batik Indonesia negara di Amerika Selatan, menurut Ahmad, merupakan konsumen sarung batik asal trusmi batik indonesia. Sarung batik yang dipilih oleh masyarakat di negara tersebut adalah jenis sarung pantai. Selain negara di kawasan Amerika Selatan, menurut Ibnu, sarung batik mega mendung juga digemari masyarakat Negeri Jiran Malaysia Batik Indonesia.

 

Apalagi pasar di Malaysia lebih banyak mendatangkan produk dari Mega Mendung. Sehingga Malaysia bisa dikata memiliki potensi pasar yang cerah untuk jenis sarung batik.

 

“Saat ini kami sedang melakukan riset untuk mengoptimalkan pengembangan pasar di Malaysia,” jelasnya seusai acara perbincangan batik di kampus Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta.

 

Di tempat terpisah, Krisnina Akbar Tanjung, merupakan salah satu orang yang merintis sekaligus mempelopori kejayaan batik Cirebon yang sempat pudar akibat tergusur batik jenis printing, dirinya kembali mengangkat sarung batik dengan memperkenalkan Trusmi sebagai Kampung Batik Batik Indonesia.

 

Menurut Krisnina, untuk mengembalikan kejayaan batik Trusmi memang tidak mudah. Apalagi pengusaha dan produsen batik di Trusmi sekarang ini umumnya sudah merupakan keturunan generasi kedua atau keempat. Padahal kawasan tersebut memiliki potensi yang sangat besar, terutama untuk ekspor.

“Tapi sekarang saya mulai bersyukur, karena sekitar tiga, empat tahun belakangan ini Kampung Batik Trusmi mulai ramai dikunjungi konsumen. Tidak hanya konsumen dalam negeri tetapi juga manca negara,” ujarnya Batik Indonesia

Sarung Batik Indonesia Motif Mega Mendung Potensi Ekspor.Di antara produk batik asal kampung Batik Trusmi Cirebon, terdapat salah satu jenis yang memiliki potensi tinggi untuk diekspor ke berbagai negara, yakni sarung batik.

“Sejak era tahun 1970, sejumlah produsen batik di kawasan Trusmi sudah melakukan ekspor ke berbagai negara Amerika Selatan, Malaysia dan Myanmar,” ungkap Ibnu Riyanto, pengusaha batik di kawasan Kampung Batik Trusmi Cirebon  Jumat (2/8/2013).

 

Beberapa negara di Amerika Selatan, menurut Ahmad, merupakan konsumen sarung batik asal trusmi batik indonesia. Sarung batik yang dipilih oleh masyarakat di negara tersebut adalah jenis sarung pantai. Selain negara di kawasan Amerika Selatan, menurut Ibnu, sarung batik mega mendung juga digemari masyarakat Negeri Jiran Malaysia Batik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *