Batik Cirebon-Amalia Siap Pamerkan Batik Salem Brebes di Manca Negara

2 September 2013, Comments: 0

batik-cirebon--baju-batik-indonesia-di-pusat-perbelanjaan-Batik Cirebon-Amalia Siap Pamerkan Batik Salem Brebes di Manca Negara.Mengikuti ajang berkelas nasional memang menjadi lahan potensial untuk memperkenalkan kekhasan suatu daerah. Hal itulah yang akan ditempuh Amalia Maria melaui batik ke ajang nasional maupun internasional.Mantan juara 1 lomba Sinok/Duta Wisata Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tahun 2011, yang baru-baru ini meraih gelar juara runner up putri Batik Pantura memamerkan batik Brebesan, yakni batik Salem dalam ajang pergelaran akbar Anugerah Putra-Putri Batik Pantura 2013 the second generation di Pekalongan, akan siap tampil di ajang pergelaran putri batik tingkat nasional di Jakarta Batik Cirebon.

Batik Cirebon Bahkan, gadis kelahiran Brebes 3 Juni 1989 yang pada saat tampil pergelaran akbar Anugerah Putra-Putri Batik Pantura 2013 the second generation di Pekalongan, didaulat oleh Walikota Pekalongan untuk membawakan tari jaipongan kolaborasi topeng konteporer dan berhasil memukau para penontonnya ini, siap tampil go internasional dengan memamerkan batik asal Kota Bawang Merah dan Telur Asin ini.Alumni mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta angkatan tahun 2006 ini, Kamis 25 April 2013, mengatakan ragam kekayaan yang ada di Kabupaten Brebes dengan segala sisi, ciri khas, etnik budaya dan warisan budayanya memang bisa menjadi nilai jual di kancah nasional maupun manca Negara.

Batik Cirebon Di antara berbagai ragam budaya tersebut, batik Salem menjadi salah satu ciri khas daerah yang bisa ditonjolkan. Apalagi, batik telah diakui UNESCO beberapa waktu lalu sebagai warisan budaya Indonesia. Tentu dengan keberadaan tersebut, ia pun semakin percaya diri dalam meluaskan atau mempromisikan keberadaan batik Brebesan itu.

Menurutnya, secara historikal maupun filosofi, batik Salem sebenarnya memiliki corak warna yang bagus. Disisi lain, juga memiliki kualitas seni yang tinggi. Namun, sayangnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes sendiri masih kurang dalam mempromosikan keunggulan salah satu aset daerah yang sebenarnya bisa menjadi primadona bagi khalayak luas Batik Cirebon.

Batik Cirebon “Nah justru dari sini, saya (Amelia), sebagai salah satu putri daerah merasa tergugah untuk ikut mempromosikannya lewat ajang/even pergelaran maupaun pameran batik Brebesan di tingkat nasional maupun internasional. Jadi, yang terpenting adalah optimis bahwa batik Brebesan sesungguhnya mempunyai daya tarik luar biasa bagi daerah luar,” ujar Dosen Universitas Muhammadiyah Cirebon, Jawa Barat ini kepada PaanturaNews Batik Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *