Menilik Keunikan Batik Cirebon Khas Indonesia

16 September 2013, Comments: 0

Kemajemukan budaya di Indonesia membuat kita bangga menjadi orang Indonesia. Nah, sekarang tugas kita adalah menjaga agar akar budaya tersebut tidak sirna dimakan jaman. Salah satu karya budaya bumi pertiwi yang harus dilestarikan adalah Batik Cirebon. Beragam jenis dan motif Batik Cirebon hadir di Indonesia sesuai dengan karakter dan daerah masing-masing. Salah satu yang unik adalah Batik Cirebon khas Cirebon.

Batik Cirebon

Menilik Keunikan Batik Cirebon Khas Indonesia

Batik Cirebon ini memiliki ciri unik dengan motif awan-awan yang menarik. Oleh karena itu, motif Batik Cirebon khas Cirebon ini disebut dengan motif Mega Mendung. Motif ini juga identik dan bahkan telah menjadi ikon batik pesisiran Cirebon. Motif Mega Mendung tadi juga menjadi ciri khas batik Cirebon karena tidak dapat ditemui di pesisir penghasil Batik Cirebon lain di utara Jawa.

Selain unik dan menarik, motif Batik Cirebon Mega Mendung khas Cirebon ini juga memiliki sejarah yang sangat kuat. Motif awan dan warna-warna tegas seperti biru dan merah pun memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Cirebon.

Menurut sejarah, Batik Cirebon merupakan hasil asimilasi dan akulturasi beragam budaya yang ada ketika Pelabuhan Muara Jati di Cirebon menjadi tempat persinggahan para pedagang. Pedagang yang singgah berasal dari Tiongkok, Arab, Persia, dan India.

Berawal dari pernikahan Putri Ong Tien wanita berketurunan Tiongkok dengan Sunan Gunung Djati yang disinyalir menjadi gerbang bergabungnya dua kebudayaan tersebut. ketika itu keraton menjadi pusat kosmik sehingga ide atau gagasan serta pernak-pernik budaya Tiongkok masuk dan berasimilasi dengan budaya Cirebon. Salah satu yang dihasilkan adalah Batik Cirebon dengan motif awan-awan yang lekat dengan mitologi Tiongkok.

Motif Mega Mendung sendiri yang berupa awan-awan dianggap sebagai lambang kesuburan. Awan pembawa hujan membawa kesuburan dan kehidupan bagi masyarakat. Warna-warna yang ada seperti biru yang melambangkan kehidupan yang cerah juga mendominasi batik ini. Namun seiring dengan waktu, Batik Cirebon ini juga memiliki warna yang beragam seperti hijau, merah atau bahkan putih.

Batik Cirebon memang memiliki motif yang khas serta unik. Karya indah khas Cirebon ini juga tidak hanya sebagai karya budaya yang dapat dinikmati keindahannya. Lebih dari itu, keindahan dan keanggunan Batik Cirebon ini juga mengandung nilai dan arti budaya yang filosofis yang menjadi kekayaan nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *