Batik Cirebon Feminin Lebih Elegan

13 Oktober 2013, Comments: 0

SEMARANG, suaramerdeka – Batik Cirebon yang semula identik dengan kain panjang atau jarik dulu hanya sebatas dikenakan keluarga kerajaan saja. Sehingga modelnya pun terasa kaku apabila harus dipakai masyarakat luas. Namun, seiring berkembangnya zaman, inovasi busana batik di Indonesia kini terus bermunculan.

Batik Cirebon

Batik Cirebon Feminin Lebih Elegan

Inovasi Batik Cirebon yang dibuat untuk para wanita misalnya, sudah banyak bermunculan model pakaian berbahan kain batik yang menyesuaikan trend model terkini. Ada model dress batik, piyama batik, gamis batik, rok Batik Cirebon, blouse batik, dan lain sebagainya. Inovasi-inovasi ini berkembang dengan sendirinya sesuai dengan tuntutan pasar yang ada.

Batik Danar Hadi sebagai trensetter dalam industri batik di Indonesia terus berinovasi memberikan koleksi baru. Dalam roadshow fashion show di Jalan Gajah Mada Semarang, akhir pekan ini, sebanyak 20 busana batik feminin dan elegan dipamerkan. Peragaan busana dengan tema ”Javanese Contemporary” itu menampilkan serangkaian busana cantik hasil karya Priyo Octaviano dan Hutama Adhi.

Busana feminin dengan warna-warni elegan diperagakan oleh puluhan model dari Totok Shahak. Aneka ragam hias motif Batik Cirebon Indonesia sengaja ditampilkan perancang. Seperti, motif parang polos mix garis. Motif ini didominasi garis berpadu dengan motif Batik Cirebon parang. Tak kalah menariknya, motif tapak dara yang sangat dinamis dikenakan serasi saat acara santai. Adapula, busana Batik Cirebon gaya modern yang kaya warna dengan motif sifon parang cecek, kawung modern. Serta, busana batik casual modern dengan motif bledes.

”Inovasi baju Batik Cirebon untuk para wanita bertujuan agar mereka bisa lebih mencintai batik sebagai salah satu warisan leluhur yang wajib kita jaga bersama. Dengan lahirnya beberapa inovasi batik tentu memberikan banyak pilihan motif batik mana yang mereka suka,” ungkap Branch Manager PT Batik Cirebon Danar Hadi, Mira Fastiany.

Menurutnya, image Batik Cirebon Danar Hadi yang melekat adalah sentuhan tradisi yang dipadukan sedemikian rupa disesuaikan dengan tuntutan etika dan estetika busana masa kini. Maka, kini lahirlah desain-desain fungsional busana modern yang mengeksplorasi kekayaan budaya.

Batik Cirebon Danar Hadi dihadirkan dalam format multifungsi mencakup piranti busana griya, busana perkantoran, upacara adat dan kesenian. ”Sebagai trendsetter batik, kami akan terus menampilkan koleksi terbaru. Baik itu untuk busana batik wanita, kemeja pria maupun untuk anak-anak,” terang Mira.

( Fista Novianti / CN34 / SMNetwork )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *