Batik Cirebon - Kenapa Tidak Pakai Batik Betawi Pak?

28 Oktober 2013, Comments: 0

batik-cirebon-hem-mm-sablon-1052152.. (Small)Batik Cirebon – Kenapa Tidak Pakai Batik Betawi Pak?.Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terlihat tak seperti hari-hari biasa yang mengenakan kemeja putih lengan panjang. Kali ini, pada Hari Batik Nasional, pria yang akrab disapa Jokowi ini memakai kemeja Batik.

Sayangnya, Jokowi tidak memakai Batik asal Betawi. Ia tampil mengenakan batik warna coklat bermotifkan gedebyah. Batik ini sengaja dipesan langsung dari Solo, Jawa Tengah.

Batik Cirebon “Batik ini diproduksi oleh perajin di kampung. Ini juga menyangkut sebuah karya yang dihasilkan oleh masyarakat kita. Sehingga jika kita tidak menghargai ini, siapa lagi yang akan menghargai” tegasnya, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (2/10).

Terkait dengan Batik Betawi, mantan walikota Surakarta ini berjanji ke depan akan mengembangkan batik Betawi. Sehingga perajin batik Betawi bisa berkembang lagi. “Nanti dilihat, kita kembangkan batik Betawi. Kita lihat pebatiknya siapa, potensinya juga bagaimana. Kita akan bina para perajin batik di Jakarta,” ujarnya.

Batik Cirebon Dari sisi corak maupun motif, Batik Betawi memiliki ciri khas dengan ragam hias sesuai dengan kesenangan atau selera masyarakat Betawi. Warnanya pun didominasi warna yang ngjreng, seperti merah, kuning atau oranye. Hal ini tentu saja karena pengaruh unsur-unsur kebudayaan Cina.

Salah satu motif yang dikenal di kalangan warga Betawi ialah motif pucuk rebung atau tumpal. Motif ini bisa dijumpai saat acara pemilihan Abang-None di Jakarta.

Batik Cirebon Seperti diketahui Hari Batik Nasional telah diperingati sejak empat tahun lalu, tepatnya pada 2 Oktober 2009. Saat itu, batik oleh UNESCO ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi milik Indonesia. Karena peristiwa itu, kemudian setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional oleh masyarakat Indonesia Batik Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *