Batik Cirebon - Perajin Batik Sidoarjo Dapat Bantuan Modal Pelindo

20 Oktober 2013, Comments: 0

batik-cirebon--baju-batik-indonesia-di-pusat-perbelanjaan-Batik Cirebon – Perajin Batik Sidoarjo Dapat Bantuan Modal Pelindo.Sejumlah perajin batik ikat celup yang ada di Kabupaten Sidoarjo mendapatkan bantuan modal pembinaan dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) guna meningkatkan hasil produksi dan kualitas batik yang dihasilkan.

Batik Cirebon Asisten Senior Manager Program Kemitraan Binaan Lingkungan (PKBL) PT Pelindo III (Persero), Djohan Hudoyo, Rabu, mengatakan, bantuan untuk para perajin itu juga berupa peralatan seperti mesin jahit, obras dan juga kontrakkan rumah di Sidoarjo.”Rumah ini sebagai tempat memamerkan hasil produksi dan juga tempat kerja untuk sentral perajin batik ikat celup yang ada di Kabupaten Sidoarjo,” katanya.Ia menyebutkan, perajin batik ikat celup yang jumlahnya mencapai sekitar 30 perajin, sudah diberikan pendidikan dan pelatihan mulai tahap dasar hingga produksi serta ada yang sudah jalan atau sudah bisa memasarkan hasil produksinya.

Batik Cirebon Ia ingin menciptakan tambahan lapangan kerja bagi para perajin dan juga menjadikan batik ikat celup di Sidoarjo sebagai produk unggulan.Sementara itu, salah seorang perajin batik ikat celup di Sidoarjo Henny Hasyim Rosidi, mengaku senang dengan adanya program bantuan yang dilakukan oleh Pelindo ini.Dia menciptakan varian busana baru berupa ikat celup sebagai alternatif batik yang juga masih menjadi kekaguman masyarakat khususnya yang berasal dari Sidoarjo.

Batik Cirebon Kini Henny selaku pembina dan pendiri kampung ikat celup Sun Flower juga sudah mempunyai 25 anggota yang terdiri dari ibu rumah tangga, remaja lulusan SMA yang belum bekerja dan masyarakat yang menganggur. Menurut dia, batik ikat celup mempunyai corak sendiri, karena menggunakan median ikat bebatuan, kerikil, biji jagung, kacang ijo dan lain sebagainya. “Jumputan itulah yang menjadi khas untuk karyanya bersama perajin yang saya bina dalam tiga tahun ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *