Batik Cirebon - Sudahkah Batik Diapresiasi?

5 Oktober 2013, Comments: 0

batik trusmi cirebon indonesia batik murah duniaBatik Cirebon – Sudahkah Batik Diapresiasi?.Setiap 2 Oktober menjadi hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya pada hari tersebut, semua masyarakat Tanah Air memperingati hari batik.

Batik Cirebon Empat tahun lalu, tepatnya 2 Oktober 2009, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengukuhkan batik sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia pada sidang keempat Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi. Dalam situs resminya, batik Indonesia disebutkan memiliki berbagai simbol yang berkaitan dengan budaya, status sosial, alam, ataupun sejarah masyarakat.

Menurut pengamat mode dan gaya hidup ternama Sonny Muchlison, batik saat ini memang sudah mendapat apresiasi dari masyarakat luas. Namun sayangnya, apresiasi tersebut kurang maksimal karena mereka tidak memahami esensi batik itu sendiri.

Batik Cirebon “Sudah ada apresiasi, tapi belum sampai memahami. Padahal batik itu bukan perupaan saja, jadi diharapkan orang lain bisa tahu yang sebenarnya,” jelasnya kepada Okezone melalui sambungan telefon, Rabu (2/9/2013).

Kendati demikian, Sonny menuturkan bahwa batik saat ini jauh lebih beragam dari sebelumnya. Bahkan, tidak hanya batik Jawa saja, namun batik dari daerah lain juga semakin bermunculan. Tentunya setiap batik tersebut juga memiliki keunikan yang berbeda.

“Batik ini pusatnya di pulau Jawa, ada pesisiran, Solo, dan Yogyakarta. Tapi sekarang, semakin banyak ragamnya dan yang membedakan itu karakternya,” tutup Sonny Batik Cirebon.

Empat tahun lalu, tepatnya 2 Oktober 2009, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengukuhkan batik sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia pada sidang keempat Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi. Dalam situs resminya, batik Indonesia disebutkan memiliki berbagai simbol yang berkaitan dengan budaya, status sosial, alam, ataupun sejarah masyarakat.

Menurut pengamat mode dan gaya hidup ternama Sonny Muchlison, batik saat ini memang sudah mendapat apresiasi dari masyarakat luas. Namun sayangnya, apresiasi tersebut kurang maksimal karena mereka tidak memahami esensi batik itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *