Batik Cirebon - Batik Trusmi Cirebon Gelar Lomba Batik Siswa SLB

2 November 2013, Comments: 0

batik-trusmi-batik-cirebon-batik-indonesia-trusmi-cirebon-indonesiaBatik Cirebon – Batik Trusmi Cirebon Gelar Lomba Batik Siswa SLB.Menyambut hari Batik Nasional yang jatuh hari ini, Pusat Grosir Batik Trusmi Cirebon menggelar lomba membatik bersama puluhan siswa siswi Sekolah Luar Biasa (SLB), di Kecamatan Plered, Cirebon, Selasa (01/10/2013).

Puluhan siswa siswi SLB itu berasal dari Yayasan Beringin Bakti. Mereka terdiri dari siswa tingkat SD, SMP dan SMA, dan kategori SLB A (tuna netra) B (tuna rungu dan wisma), dan C (tuna Grahita).

Batik Cirebon Pemilik Pusat Grosir Batik Trusmi Cirebon, Sally Giovanny mengatakan, pihaknya berupaya menanamkan kecintaan terhadap batik sejak dini. Tidak hanya bagi kalangan umum, kalangan berkebutuhan khusus pun perlu diperkenalkan dan dirangsang untuk mencintai batik.

“Saya pribadi sengaja mendatangkan mereka untuk belajar membatik. Melihat hasil batik mereka di atas kain yang sudah disketsa panitia, mereka sangat tekun, dan merasa senang belajar membatik. Meski memiliki keterbatasan, mereka membuktikan dapat membatik dengan baik,” kata Sally, Selasa (1/10/2013).

Batik Cirebon Sally mengakui, budaya membatik mengalami masalah minimnya regenerasi. Dia khawatir, bila dibiarkan, batik akan punah dengan perlahan. Kekawatiran itu khususnya terjadi pada batik tulis, karena SDM yang sedikit, dan sudah canggihnya peralatan membuat batik cetak dan printing.

Dia mengungkapkan, saat ini pembatik di kawasan Trusmi saja perlahan berkurang. Hal itu terjadi lantaran minimnya regenerasi.

“Kami sendiri orang Cirebonnya terkadang kesulitasn mencari pembatik tradisional yang memiliki potensi tinggi,” jelasnya.

Batik Cirebon Hingga saat ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah di kawasan Trusmi dan sekitarnya. Dia mengenalkan semua tentang batik, dan menanamkan minat membatik sejak dini. Menurutnya, para siswa di tiap sekolah itulah yang kelak akan meneruskan para pembatik tulis di Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *