Batik Indonesia - Cirebon Dorong Industri Batik Trusmi Berkembang

24 Januari 2014, Comments: 0

batik-cirebon-peresmian-rekor-muri-ibnu-riyanto-pusat-gosir-batik-trusmiBatik Indonesia – Cirebon Dorong Industri Batik Trusmi Berkembang.Batik adalah ciri khas Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi. Tidak hanya potensial di pasar domestik, namun juga di pasar internasional. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon terus berupaya mendorong industri batik di Kota Cirebon agar lebih berkembang dengan harga bersaing.

“Cirebon tidak memiliki sumber daya alam, sehingga sumber daya manusianya dituntut kreatif menciptakan peluang usaha, seperti usaha batik Cirebon,” kata Bupati Cirebon, Dedi Supardi terkait dengan Pelatihan Kewirausahaan Batik Indonesia yang digelar oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Industri Perdagangan dan Pertanian Kabupaten Cirebon.

Dekranasda Kabupaten Cirebon, jelas Bupati, tengah mengembangkan batik Cirebon yang memiliki kekhasan desain, sesuai kondisi kedaerahan Cirebon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Trusmi.com, Kamis (23/01/2014), di Wilayah Kabupaten Cirebon terdapat sejumlah Showroom batik Indonesia terbesar se-Indonesia dan beberapa Galerry Batik kecil dari batik Trusmi. Salah satu Showroom batik yang cukup terkenal adalah Pusat Grosir Batik Trusmi. Sedangkan Galerry batik yang cukup dikenal adalah Batik IBR dan Raja Batik.

Showroom Terbesar di Indonesia Pusat Grosir Batik Trusmi milik Ibnu Riyanto itu menawarkan wisata belanja dan belajar batik Indonesia. Terletak di Jalan Trusmi Kulon Nomor 148 Plered Cirebon.

Setiap harinya, Showroom batik Indonesia tersebut tersebut tak pernah sepi pengunjung. Ada Ratusan motif batik Cirebon yang ditawarkan, yaitu motif Mega mendung, motif kompeni, motif batik 3 dimensi, motif mega mendung naga merah dan motif-motif lain dengan warna cerah dan menarik karena Cirebon adalah daerah pesisir sehingga untuk pemakaian warna sendiri lebih kreatif dan cerah.

Harga batik Indonesia khas Trusmi Cirebon yang ditawarkan perpotongnya bervarisasi. Ukuran panjang 220 cm dengan lebar 110 cm dibandrol mulai dari Rp 40.000, Rp 85.000, Rp 135.000, Rp 250.000 sampai Rp 450.000. Satu potong kain batik Indonesia tersebut bisa dibuat untuk sebuah baju batik ukuran orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *