Trusmi - Ebatik Tas Sepatu Purple Eksklusif Batik Cirebon dan Ulos Sumut Masuk Pasar Jepang

8 Januari 2014, Comments: 0

ebatik tas sepatu purple ekxlusif batik cirebonTrusmi – Ebatik Tas Sepatu Purple Eksklusif Batik Cirebon dan Ulos Sumut Masuk Pasar Jepang (Sumut) diajukan masuk pasar Jepang oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Produk UKM yang yang bernuansa etnik itu dianggap memiliki potensi pasar yang bagus di negara matahari itu.
Executive Vice President PNM, Arief Mulyadi, mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Japan External Trade Organization (Jetro).

Hal itu dikatakannya di sela-sela acara motivasi wirausaha bagi nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan mitra binaan PNM serta peresmian pendampingan klasterisasi industri UMKM berbahan singkong di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Ahad kemarin.

Kerja sama tersebut dilakukan untuk mengembangkan kapasitas dan penetrasi pasar bagi pelaku UMKM Indonesia di pasar Jepang. Dari 180.000 nasabah binaan PNM, sebanyak 22.000 nasabah yang masuk dalam kriteria Jetro. “Dari 22.000 itu kebanyakan non-food dan Batik Cirebon.

Kita ada beberapa makanan juga, tapi kalau Jepang biasanya ketat kalau makanan. Kalau tidak sesuai bisa ditolak,” ungkapnya.

Produk non-makanan itu terdiri dari kerajinan seperti tatakan dari pandan, gelas, mangkuk, Ebatik Tas Sepatu Purple Eksklusif Batik Cirebon dan ulos. Dari jumlah tersebut, dari Medan dan Sumut juga tercatat ada beberapa UMKM yang masuk dalam kriteria Jetro.

Ditargetkan kesiapan UMKM untuk ekspor ke Jepang dapat dilakukan pada 2015. Saat ini PNM tengah mendorong UMKM agar dapat memenuhi standar pasar Jepang. Dia mengatakan PNM juga akan memberikan pelatihan khusus bagi pelaku UMKM untuk memenuhi standar yang diberikan oleh Jepang. Jika sudah sesuai dengan pasar Jepang, dipastikan pasar dari negara-negara lain juga akan terbuka.

“Jepang itu dikenal sebagai pasar yang ketat, kalau sudah lolos ke Jepang pasti sudah gampang. Dari Cirebon ada UMKM Ulos dan Ebatik Tas Sepatu Purple Eksklusif Batik Cirebon yang bisa tembus pasar Jepang,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *