Batik Indonesia Acara Indonesia Fashion Week Di Isi Salah Satu Retail Terkenal

2 Februari 2014, Comments: Komentar Dinonaktifkan pada Batik Indonesia Acara Indonesia Fashion Week Di Isi Salah Satu Retail Terkenal

Gelaran Indonesia Fashion Week (IFW) kembali berlangsung. Salah satu retail batik terbesar di Indonesia, Danar Hadi, bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) turut serta memamerkan karyanya di IFW 2014, yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, hingga hari Minggu (23/2/2014).

Bersamaan dengan peluncuran buku “Sarung Gaya, Gaya Sarung-Sarung Dalam Bisnis dan Fashion” dari APINDO, Danar Hadi digandeng asosiasi tersebut untuk bersama-sama menampilkan karyanya selama IFW 2014. APINDO menghadirkan kain sarung nusantara, sedangkan Danar Hadi menampilkan keindahan kain sarung batik Indonesia.

“Dapat berpartisipasi dalam pameran fashion terbesar di Indonesia adalah kebanggaan tersendiri untuk Danar Hadi. APINDO menggandeng Danar Hadi karena terinspirasi dengan Bapak Santosa Doellah sebagai pendiri Danar Hadi. Beliau merupakan salah satu pelopor Hari Batik Nasional, serta tokoh nasional pemelihara kekayaan kain batik nusantara. Diharapkan, suatu hari nanti kain sarung juga menjadi warisan bangsa yang diakui secara internasional,” ungkapnya Diana Santosa, Managing Director Danar Hadi Group, Jumat (21/2/2014).

Kain sarung yang diusung bukanlah kain sarung biasa, melainkan kain sarung yang sudah didesain menjadi pakaian jadi atau siap pakai. Sebagai identitas kultural bangsa, detail kain sarung yang dihadirkan didominasi motif-motif tradisional, seperti Indramayu, Ugatan, dan Tanahan. Kain sarung batik Danar Hadi dibuat dalam dua rancangan, yaitu pakaian pria dan wanita. Untuk pakaian wanita tersedia dress dan blouse. Sedangkan untuk pakaian pria tersedia kemeja yang dapat digunakan untuk acara-acara formal maupun nonformal.

Tak tanggung-tanggung, dalam acara akbar ini, Danar Hadi menyiapkan lebih dari 80 ragam motif. Pengunjung yang menginginkan warna kalem dan tenang bisa menjatuhkan pilihan ke motif Indramayu dan Ugatan. Sedangkan motif Tanahan menghadirkan warna-warna yang lebih terang, seperti merah, oranye, dan hijau, yang ditujukan untuk mereka yang berjiwa dinamis dan penuh warna.

“Selain kain sarung batik, Danar Hadi juga mempersembahkan sesuatu yang spesial di IFW 2014, yakni kebaya encim. Kebaya adalah pakaian yang sering dipadupadankan dengan kain sarung batik. Untuk itu, Danar Hadi ingin memberikan satu paket atasan dan bawahan sekaligus,” ujar Diana. (EVA)

Comments are closed.