Dipo Alam Akan Rilis Buku Lukisan Batik Indonesia

18 Februari 2014, Comments: Komentar Dinonaktifkan pada Dipo Alam Akan Rilis Buku Lukisan Batik Indonesia

Batik Indonesia – Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam berencana menerbitkan buku lukisannya yang berkaitan dengan batik. Buku tersebut bertajuk Nelson Mandela Pencinta Batik yang diagendakan akan diterbitkan pada Juni mendatang. Demikian dirilis situs resmi institusi yang dipimpin Dipo, Kamis (6/2).

Dipo Alam merupakan salah satu pendiri Yayasan Batik Indonesia bersama Jultin Ginandjar Kartasasmita. Hal itu pernah dituliskannya dalam akun Twitternya @dipoalam49 Januari silam.

Juni dipilih Dipo karena bertepatan dengan acara Sail Raja Ampat. Dipo sendiri mengatakan terinspirasi untuk turut menyumbang desain batik Raja Ampat Papua.

Turut dalam kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke sentra batik Pekalongan kemarin, Dipo mengatakan Pekalongan memiliki corak batik khas dan berwarna cerah. Hal itu menjadi inspirasi baginya.

“Warna dan corak batik Pekalongan menginspirasikan saya untuk desain batik Raja Ampat Papua yang khas,” demikian dituliskan Dipo dalam akun Twitternya.

Dipo diketahui pula suka melukis para pemimpin dunia dengan mengenakan batik. Selain Nelson Mandela, Bapak Negara Afrika Selatan tersebut, Dipo juga sudah melukis Presiden Republik Rakyat Tionghoa (RRT) Xi Jinping dan Ibu Negara Peng Liyuan dengan mengenakan busana batik dan lukisan itu sudah diserahkan langsung tatkala Xi Jinping berkunjung ke Jakarta.

Selain itu, Dipo juga melukis Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton dengan baju batik hijau dengan latar belakang mesjid Baiturrahman Aceh.

Comments are closed.