Trusmi - Nelson Mandela dan Kecintaannya Pada Batik Indonesia

13 Februari 2014, Comments: 0

mandela-tiap-hari-pakai-batik-cirebonTrusmi – Nelson Mandela dan Kecintaannya Pada Batik Indonesia.Kematian Nelson Mandela pastinya membawa kehilangan besar bagi dunia, termasuk bangsa kita bangsa Indonesia. Terutama, karena pria asal Afrika ini dikenal sebagai pecinta batik Indonesia.

Pejuang legendaris ini mulai berkenalan dengan batik Indonesia sekitar tahun 1990, tak lama setelah dia keluar dari penjara Roben Island. Saat itu, dia mulai melakukan kunjungan ke Indonesia. Di sanalah beliau mendapat souvenir batik Indonesia, dan langsung jatuh cinta.
Pada tahun 1997, Mandela melakukan kunjungan ke Indonesia, dan disambut langsung oleh mendiang Soeharto yang saat itu menjabat sebagai presiden. Dan secara mengejutkan, Mandela tampil dengan kemeja bermotif batik Indonesia.

Tahun-tahun berikutnya, kecintaan mantan presiden Afrika Selatan ini makin tak sungkan menunjukkan kecintaan pada produk asli Indonesia ini. Selain mengenakannya dalam berbagai acara internasional, beliau juga sering memakainya saat melakukan urusan dalam negeri.
Awalnya, rakyat Afrika Selatan memang tak mau mengikuti jejak Mandela untuk mengenakan batik Indonesia. Namun setelah beliau tidak lagi menjabat sebagai presiden, rakyat malah terdorong untuk mengenakan batik Indonesia. Tidak heran, pejuang anti-apartheid ini memang memiliki kharisma yang membuat rakyat mencintainya.

Pria yang juga dikenal dengan nama Madiba ini akhirnya meninggal dunia pada Kamis (5/12) akibat infeksi paru-paru. Namun sampai kapanpun, cinta, perjuangan dan dedikasinya akan terus dikenang dunia. Selamat jalan, Bapak Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *