Batik Indonesia Memasuki Pasar Amerika Serikat

10 Maret 2014, Comments: 0

agnes-monica-baju-batik-cirebon-batik-indonesia-di-pusat-perbelanjaan-batikBatik Indonesia Memasuki Pasar Amerika Serikat.Batik Indonesia telah diperkenalkan kepada masyarakat di berbagai belahan dunia, bahkan UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia pada Oktober 2009. Lebih lanjut, untuk lebih dikenal di dunia, batik akan memasuki pasar Amerika Serikat.

Batik Indonesia mulai lebih dikenal di Amerika Serikat, khususnya di wilayah kerja KJRI Chicago di Midwest sejak dipamerkannya batik-batik koleksi Dr. Ann Dunham, ibunda Presiden AS, Barrack Obama di Chicago pada Mei 2009, St. Louis Oktober 2009, dan Kansas City pada Maret 2010.

Upaya menjadikan Batik Indonesia sebagai komoditas bisnis di Amerika Serikat telah dirintis oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago bekerja sama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago dan Atase Perdagangan RI di Washington DC melalui partisipasi Indonesia pada pameran produk garmen ‘Stylemax Women’s Apparel and Accessories’ di Merchandise Mart, Chicago pada 23–26 Oktober 2010.

Stylemax’ merupakan ajang pameran produk garmen terbesar di wilayah Midwest Amerika Serikat dan deal business antara produsen garmen dan buyer yang terdiri dari wholesaler, retailer, rumah produksi, dan toko pakaian besar di AS yang berpusat di Chicago. Pameran ini diikuti oleh sekitar 2000 exhibitor dan dihadiri oleh lebih dari 4.000 buyer yang berasal dari Amerika Serikat maupun mancanegara.

Menurut Konsul Jenderal RI Chicago, Benny Bahanadewa, selama 4 hari pameran, Paviliun Batik Indonesia ramai dikunjungi oleh prospective buyer Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan meningkatnya minat masyarakat AS terhadap batik Indonesia.

Hasilnya cukup menggembirakan, delapan produsen batik peserta pameran dari Indonesia telah menyepakati 200 deal pembelian dengan retailer, distributor, dan toko-toko pakaian Amerika Serikat dan batik-batik tersebut akan diekspor dalam waktu dekat.

Dengan tercapainya kesepakatan transaksi ini, batik Indonesia dalam waktu tidak lama lagi bisa didapatkan di berbagai toko dan mal di wilayah Amerika Serikat antara lain TJ Maxx, Macys, dan JC Penny dengan mode yang disesuaikan dengan selera dan trend masyarakat AS.

Penampilan batik Indonesia yang diperagakan di puncak acara pameran Stylemax oleh beberapa peragawati profesional AS mendapatkan apresiasi dan sambutan hangat dari para pengunjung yang sebagian besar adalah para buyer dan seller.

Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas di Chicago yang ingin menyaksikan peragaan batik dan memilikinya, KJRI Chicago dan ITPC menyelenggarakan acara “Batik Exposition and Fashion Show” yang disertai dengan Demo Membatik di Gedung Woman’s Athletic Club, Chicago pada 27 Oktober 2010.

Melalui serangkaian kegiatan promosi ini, batik Indonesia diharapkan dapat digemari oleh masyarakat AS dan turut menyemarakan khasanah mode di Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *