Robot Angklung Pertama dan Satu-satunya di Cirebon

11 Februari 2017
Comments: 0
11 Februari 2017, Comments: 0

BT Batik Trusmi (11/2) Sejak perkembangan teknologi dan informasi menyebar secara menyeluruh di Indonesia, kehadiran era digital mampu mempermudah segala aspek kehidupan. Sejak saat itulah, mulai bermunculan para ilmuwan-ilmuwan indonesia berbasis teknologi yang salah satu hasilnya yaitu Robot Angklung. Robot angklung adalah gabungan dari beberapa jenis notasi angklung yang dimainkan menggunakan aplikasi yang dihubungkan melalui media smartphone.

Robot angklung merupakan inovasi baru dari budaya alat musik tradisional Indonesia. BT Batik Trusmi merupakan pencetus robot angklung yang pertama dan satu-satunya di Cirebon, Jawa Barat – Indonesia. Sebagai pusat oleh-oleh dan batik Cirebon yang terluas di Indonesia, BT Batik Trusmi mengakui bahwa hadirnya robot angklung membuat pengunjung meningkat hingga 3 kali lipat dari biasanya. Selain itu, juga semakin memperkaya koleksi budaya Indonesia yang ada di pusat batik Cirebon Tersebut.

“Clitford Geetz mengatakan, tanpa manusia, budaya tidak akan ada, namun lebih penting dari itu, tanpa budaya, manusia tidak akan ada. Nah, kaitannya dengan hadirnya robot angklung yang merupakan sebagai experience budaya, kami berharap dapat menjadi edukasi dan motivasi bagi masyarakat Cirebon agar tergerak untuk mau belajar dan melestarikan budaya”, pungkas Choki selaku supervisor marketing di BT Batik Trusmi.

“Di hari pertama lounchingnya robot angklung ini, kami bersyukur karena banyak media lokal yang berbondong-bondong untuk turut serta mempublikasikannya. Belum sampai sepekan, robot angklung kami berkolaborasi dengan tim perkusi angklung Caerebon. Nah, buat kalian yang penasaran dengan kecerdasan robot angklung ini, yuk datang di BT Batik Trusmi di Jl. Syekh Datul Kahfi No. 148 Weru Lor Cirebon – Jawa Barat dan nantikan pertunjukan-pertunjukan serunya bersama seniman-seniman Cirebon”, imbuh Choki mengakhiri. (NSR_Alhannaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.